JA Opal - шаблон joomla Продвижение
YOU ARE HERE:

Perlunya Sistem Informasi Penataan Ruang (SIPR)

E-mail Print PDF

Sebagaimana tercantum dalam Undang-Undang Nomor 26 tahun 2007 tentang Penataan Ruang bahwa tujuan dari penataan ruang adalah mewujudkan penataan ruang yang aman, nyaman, produktif dan berkelanjutan yang pada akhirnya bermuara kepada kesejahteraan masyarakat. Berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 15 tahun 2010 tentang Penyelenggaraan Penataan Ruang,

 

bahwa Pemerintah daerah kabupaten/kota melakukan pembinaan kepada masyarakat. Salah satu bentuk pembinaan penataan ruang yaitu berupa pengembangan sistem informasi dan komunikasi penataan ruang.

Pengembangan sistem informasi dan komunikasi penataan ruang merupakan upaya untuk mengembangkan sistem informasi dan komunikasi penataan ruang yang mutakhir, efisien, dan terpadu. Pengembangan sistem informasi dan komunikasi penataan ruang dilaksanakan melalui penyediaan basis data dan informasi bidang penataan ruang dengan mengembangkan jaringan sistem elektronik. Sesuai Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 68 tahun 2010 tentang Pelaksanaan Bentuk dan Tata Cara Peran Serta Masyarakat dalam Penataan Ruang, pada pasal 23 menyebutukan bahwa dalam rangka meningkatkan peran masyarakat Pemerintah dan pemerintah daerah membangun sistem informasi dan komunikasi penyelenggaraan penataan ruang yang dapat diakses dengan mudah oleh masyarakat sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Sehubungan dengan hal tersebut, maka peran serta masyarakat dalam penyelenggaraan penataan ruang menjadi sangat penting dan perlu menjadi pertimbangan di dalam proses penataan ruang, baik pada proses perencanaan, pemanfaatan, maupun pengendalian pemanfaatan ruang untuk meminimalisir terjadinya konflik-konflik antar pihak yang berkepentingan. Oleh karenanya pemerintah perlu memfasilitasi agar penyampaian aspirasi masyarakat dalam penataan ruang dapat berjalan dengan efektif dan efisien.

Untuk mendukung tujuan di atas maka diperlukan suatu sistem pelayanan peran serta masyarakat dalam penataan ruang secara terpadu yang efektif dan efisien dengan penerapan teknologi informasi yang “komunikatif (dua arah), informatif, efektif dan efiesien” yang bermuara berupa sistem informasi penataan ruang. Sistem Informasi penataan ruang pada hakekatnya adalah suatu komponen yang terdiri dari perangkat keras, perangkat lunak, data ruang serta lahan dan sumberdaya manusia yang bekerja bersama secara efektif untuk menerima, menyimpan, memperbaharui, mengelola, mengintegrasikan, menganalisa, dan menampilkan data dalam suatu informasi berbasis penataan ruang.

 

Last Updated ( Thursday, 10 November 2016 11:23 )  

Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari Ini80
mod_vvisit_counterKemarin36
mod_vvisit_counterMinggu Ini170
mod_vvisit_counterMinggu Terakhir171
mod_vvisit_counterBulan ini877
mod_vvisit_counterBulan Terakhir1261
mod_vvisit_counterSejauh ini17390

We have: 63 guests online
IP Anda: 192.168.65.1
 , 
Today: Jul 25, 2017

Polling

Polling Untuk Website Ini
 

KONTAK

Jl. Jenderal Sudirman No.129, Brebes, Kec. Brebes, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah 52212